Langsung ke konten utama

Cara Menggunakan Formula Dalam Tabel Ms. Word

Cara Menggunakan Formula Dalam Tabel Ms. Word

Meskipun Ms. Word tidak didesain untuk mengolah angka, setidaknya Word juga mampu mengolah perhitungan rumus sederhana.

Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu Anda perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula, yaitu setiap tabel yang dibuat pada Word.

Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari kolom (A, B, C, dst) dan baris (1,2, 3, dst).


Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya

Nah untuk penggunaan formula pada tabel di word tidak hanya terbatas pada penjumlahan (SUM), tetapi juga dapat mencari rata-rata (AVERAGE), nilai tertinggi (MAX), nilai terendah (MIN) dan lainnnya.

Contoh penggunaan fungsi Average, Max dan Min pada tabel di Word

Buat tabel seperti contoh berikut:


Lalu buat formula untuk isian Jumlah Nilai dengan rumus =SUM(LEFT), dengan meletakkan kursor di sel yang akan dijumlahkan lalu klik Layout dan pilih Formula


Untuk membuat Nilai Rata-rata (R2) menggunakan rumus =Average(C3:E3), dengan asumsi bahwa Ulangan harian 1 pada sel C3, ulangan harian 2 pada sel D3 dan ulangan harian 3 pada sel E3, danformula dibawahnya dengan rumus =Average(C4:E4) dan seterusnya.


Untuk membuat Nilai tertinggi (Max) dengan rumus =Max(C3:E3)


Untuk membuat Nilai terendah (Min) dengan rumus =Min(C3:E3)


Sehingga secara keseluruhanakan didapa tabel Wordyang memiliki Nilai dengan menggunakan formula


Selamat mencoba...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Header and Footer

Membuat Header dan Footer di Ms Word 2007 Header merupakan area tempat informasi data yang berupa tulisan, nomor halaman, tanggal, jam, dsb. Yang berada di bagian atas dari lembar kerja dokumen di Ms Word. Sedangkan Footer mempunyai arti yang sama dengan header, hanya saja tempat areanya berada di bawah lembar kerja dokumen. Informasi yang ditulis pada header atau footer biasanya adalah judul topik atau tema serta tahun pembuatan dari buku tersebut walaupun tidak selalu demikian adanya. Informasi tersebut akan muncul pada setiap halaman. Selain informasi yang berupa tulisan, nomor halaman merupakan hal yang seakan wajib diberikan pada setiap halaman. Pada header maupun footer, user dapat memberikan nomor halaman secara otomatis. Untuk dapat memberi nomor halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen atau file, dapat anda buka pada halaman disini . Penulisan informasi selain tulisan, dapat pula user memberi gambar pada header maupun footer. Tata letak tulisan dap

Cara Jitu Menemukan Bakatmu

Cara Jitu Untuk Menemukan Bakatmu Apakah kamu sering bingung dengan bakat alamiah apa yang sebenarnya kamu miliki? Kamu merasa tertarik di suatu bidang, tapi bagus di bidang yang lain? Ata kamu yakin bahwa sebenarnya kamu tak punya bakat menonjol apa-apa? “Duh, aku biasa-biasa aja kok, nggak punya bakat istimewa.” Jangan minder! Setiap orang lahir di dunia dengan bakat mereka sendiri-sendiri. Jika kamu belum tahu apa bakatmu, bukan berarti kamu tak punya talenta sama sekali. Talenta itu hanya masih tersembunyi. Nah, jika sampai sekarang kamu masih bingung apa bakat yang kamu punya, kenapa tidak ikuti cara-cara ini saja? 1. Meskipun Tidak Semuanya Ilmiah, Tes Kepribadian Mungkin Bisa Menggambarkan Karaktermu Secara Garis Besar Udah tau karaktermu sendiri? via 3.bp.blogspot.com Sebelumnya: apakah kamu sudah mengerti karakter diri kamu sendiri? Tidak jarang, orang-orang bingung dengan bakat apa yang dimilikinya gara-gara belum kenal sama diri mereka. Kamu bisa me

Penggunaan Lembar Kerja Dengan Microsoft Excel

secara default atau secara keseluruhan, tampilan area kerja program microsoft office excel terdiri atas dokumen name, menu bar, tool bar, name bar, formula bar, pointer dan tabulasi. perhatikan gambar dibawah : Keterangan : • Formula Bar adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+) • Name Box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.