Langsung ke konten utama

Penggunaan Header and Footer

Membuat Header dan Footer di Ms Word 2007

Informasi yang ditulis pada header atau footer biasanya adalah judul topik atau tema serta tahun pembuatan dari buku tersebut walaupun tidak selalu demikian adanya. Informasi tersebut akan muncul pada setiap halaman. Selain informasi yang berupa tulisan, nomor halaman merupakan hal yang seakan wajib diberikan pada setiap halaman. Pada header maupun footer, user dapat memberikan nomor halaman secara otomatis. Untuk dapat memberi nomor halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen atau file, dapat anda buka pada halaman disini. Penulisan informasi selain tulisan, dapat pula user memberi gambar pada header maupun footer. Tata letak tulisan dapat diatur yaitu berada di kiri, tengah ataupun sebelah kanan.
Cara membuka header dan footer dapat dilakukan dengan dua cara :
  1. Cara pertama adalah dengan klik tab Insert kemudian pilih header atau footer. Kemudian pilih salah satu pengaturan yang anda inginkan atau klik edit header maupun footer. Selanjutnya silahkan masukkan teks , tanggal atau nomor halaman yang anda kehendaki.
  2. Cara yang kedua adalah dengan cara klik ganda atau double klik pada area header atau footer. Setelah itu lakukan penambahan teks, tanggal, maupun pengaturan lain sesuai dengan kebutuhan. Selama user masuk pada area headaer dan footer, maka area dokumen tidak aktif.

    header dan footer ms word 2007
Untuk keluar dari header dan footer, silahkan diklik ganda pada area dokumen anda.
Pada postingan mendatang akan dibahas lebih lanjut mengenai header dan footer ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu buat anda …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merangking dalam Microsoft Excel

Cara Menentukan Ranking Menggunakan Microsoft Excel 2007 Untuk menentukan ranking setiap siswa kita dapat menggunakan fungsi RANK, adapun bentuk umum fungsi RANK  sebagai berikut.   =RANK ( number , ref ,order) number , adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus diatas sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel L3) ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $L$3:$L$12) Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jika diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1.  Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0. Sehinga rumus untuk rangking dapat ditulis sebagai berikut: =RANK(L3;$L$3:$L$12) Parameter ketiga (ord...

Penggunaan Fungsi LOOK UP

LOOKUP fungsi mengembalikan nilai baik dari berbagai satu baris atau kolom satu atau dari array. Fungsi LOOKUP memiliki dua bentuk sintaks: vektor dan array. Bentuk vektor LOOKUP tampak dalam satu baris atau kolom satu rentang (dikenal sebagai vektor) untuk nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di berbagai satu baris atau kolom yang kedua. Bentuk array LOOKUP tampak di baris atau kolom dari array untuk nilai yang ditentukan pertama, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom array terakhir. Bentuk vektor LOOKUP Bentuk vektor LOOKUP tampak dalam satu baris atau kolom satu rentang (dikenal sebagai vektor) untuk nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di berbagai satu baris atau kolom yang kedua. Gunakan formulir ini fungsi LOOKUP ketika Anda ingin menentukan rentang yang berisi nilai yang ingin Anda cocok. Sintaks untuk bentuk vektor LOOKUP ( lookup_value , lookup_vector , result_vector ) L...

Penggunaan Footnote

Cara membuat footnote | Catatan kaki di Word 2007 Foot note merupakan catatan kaki yang terletak pada bagian akhir di halaman yang sama. Foot note berisi suatu keterangan, uraian atau referensi suatu kutipan. Foot note biasanya ditandai dengan angka pada akhir kalimat atau kata yang diberi footnote. Untuk membuat foot note di Word 2007, dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote. Klik References kemudian klik Insert Footnote Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut. Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.