Langsung ke konten utama

Penggunaan Kolom

Cara membuat dan mengatur kolom tabel di MS Word 

Dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan administrasi sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari tugas dengan format tabel. Dengan menggunakan tabel, akan lebih memudahkan untuk mengelola, merangkum dan menganalisa data yang ada.


Sebenarnya tabel ini dalam pengerjaannya lebih mudah menggunakan program pengolah angka yaitu MS Excel. Namun kadang kita harus menyatukan antara ketikan dengan tabel dalam lembaran kerja kita. Tak urung, kita tetap menggunakan MS Word untuk membuat tabel.Tapi jangan khawatir, di MS Word juga telah disediakan fitur untuk membuat tabel. Disini anda dapat mengatur tabel tersebut, seperti mengecilkan atau membesarkan kolom, menyatukan baris atau kolom menjadi satu, dan seterusnya.

Untuk membuat tabel, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik menu Insert
  2. Pada ribbon Tables klik Table
  3. Arahkan mouse pada kotak-kota yang muncul dan pilih berapa kotak yang diperlukan (akan terlihat preview tabel dilayar kerja MS Word) . Kotak-koak tersebut mewakili baris dan kolom.
  4. Jika sudah silahkan di klik. Maka tabel sudah dibuat.

Atau data juga dengan cara,
  1. Setelah klik pada table, pilih insert table (seperti gambar diatas)
  2. Masukkan angka jumlah kolom (number of columns) dan jumlah baris (number of rows) yang diperlukan kemudian klik OK
  3. Maka tabel sudah dibuat.
Untuk mengecilkan dan memperbesar lebar kolom dapat dilakukan dengan cara :
  1. Arahkan pointer ke garis kolom sebelah kanan yang akan diperbesar atau diperkecil sampai pointer berubah bentuk menjadi anak panah kekanan dan kekiri.
  2. Klik dan tahan mouse, kemudian geser kekiri un tuk memperkecil kolom atau geser kekanan untuk memperlebar kolom.
  3. Jika ukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan lepas mouse

Bila anda menginginkan kolom dengan lebar yang lebih spesifik pada ukuran tertentu, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Blok kolom yang akan diatur kemudian klik kanan dan pilih table properties.

  2. Pada jendela yang muncul pilih tab column kemudian masukkan angka pada preferred width dan satuan yang dikehendaki.


  3. Jika sudah klik OK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Header and Footer

Membuat Header dan Footer di Ms Word 2007 Header merupakan area tempat informasi data yang berupa tulisan, nomor halaman, tanggal, jam, dsb. Yang berada di bagian atas dari lembar kerja dokumen di Ms Word. Sedangkan Footer mempunyai arti yang sama dengan header, hanya saja tempat areanya berada di bawah lembar kerja dokumen. Informasi yang ditulis pada header atau footer biasanya adalah judul topik atau tema serta tahun pembuatan dari buku tersebut walaupun tidak selalu demikian adanya. Informasi tersebut akan muncul pada setiap halaman. Selain informasi yang berupa tulisan, nomor halaman merupakan hal yang seakan wajib diberikan pada setiap halaman. Pada header maupun footer, user dapat memberikan nomor halaman secara otomatis. Untuk dapat memberi nomor halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen atau file, dapat anda buka pada halaman disini . Penulisan informasi selain tulisan, dapat pula user memberi gambar pada header maupun footer. Tata letak tulisan dap

Cara Jitu Menemukan Bakatmu

Cara Jitu Untuk Menemukan Bakatmu Apakah kamu sering bingung dengan bakat alamiah apa yang sebenarnya kamu miliki? Kamu merasa tertarik di suatu bidang, tapi bagus di bidang yang lain? Ata kamu yakin bahwa sebenarnya kamu tak punya bakat menonjol apa-apa? “Duh, aku biasa-biasa aja kok, nggak punya bakat istimewa.” Jangan minder! Setiap orang lahir di dunia dengan bakat mereka sendiri-sendiri. Jika kamu belum tahu apa bakatmu, bukan berarti kamu tak punya talenta sama sekali. Talenta itu hanya masih tersembunyi. Nah, jika sampai sekarang kamu masih bingung apa bakat yang kamu punya, kenapa tidak ikuti cara-cara ini saja? 1. Meskipun Tidak Semuanya Ilmiah, Tes Kepribadian Mungkin Bisa Menggambarkan Karaktermu Secara Garis Besar Udah tau karaktermu sendiri? via 3.bp.blogspot.com Sebelumnya: apakah kamu sudah mengerti karakter diri kamu sendiri? Tidak jarang, orang-orang bingung dengan bakat apa yang dimilikinya gara-gara belum kenal sama diri mereka. Kamu bisa me

Penggunaan Lembar Kerja Dengan Microsoft Excel

secara default atau secara keseluruhan, tampilan area kerja program microsoft office excel terdiri atas dokumen name, menu bar, tool bar, name bar, formula bar, pointer dan tabulasi. perhatikan gambar dibawah : Keterangan : • Formula Bar adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+) • Name Box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.