Langsung ke konten utama

Penggunaan Kolom

Cara membuat dan mengatur kolom tabel di MS Word 

Dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan administrasi sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari tugas dengan format tabel. Dengan menggunakan tabel, akan lebih memudahkan untuk mengelola, merangkum dan menganalisa data yang ada.


Sebenarnya tabel ini dalam pengerjaannya lebih mudah menggunakan program pengolah angka yaitu MS Excel. Namun kadang kita harus menyatukan antara ketikan dengan tabel dalam lembaran kerja kita. Tak urung, kita tetap menggunakan MS Word untuk membuat tabel.Tapi jangan khawatir, di MS Word juga telah disediakan fitur untuk membuat tabel. Disini anda dapat mengatur tabel tersebut, seperti mengecilkan atau membesarkan kolom, menyatukan baris atau kolom menjadi satu, dan seterusnya.

Untuk membuat tabel, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik menu Insert
  2. Pada ribbon Tables klik Table
  3. Arahkan mouse pada kotak-kota yang muncul dan pilih berapa kotak yang diperlukan (akan terlihat preview tabel dilayar kerja MS Word) . Kotak-koak tersebut mewakili baris dan kolom.
  4. Jika sudah silahkan di klik. Maka tabel sudah dibuat.

Atau data juga dengan cara,
  1. Setelah klik pada table, pilih insert table (seperti gambar diatas)
  2. Masukkan angka jumlah kolom (number of columns) dan jumlah baris (number of rows) yang diperlukan kemudian klik OK
  3. Maka tabel sudah dibuat.
Untuk mengecilkan dan memperbesar lebar kolom dapat dilakukan dengan cara :
  1. Arahkan pointer ke garis kolom sebelah kanan yang akan diperbesar atau diperkecil sampai pointer berubah bentuk menjadi anak panah kekanan dan kekiri.
  2. Klik dan tahan mouse, kemudian geser kekiri un tuk memperkecil kolom atau geser kekanan untuk memperlebar kolom.
  3. Jika ukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan lepas mouse

Bila anda menginginkan kolom dengan lebar yang lebih spesifik pada ukuran tertentu, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Blok kolom yang akan diatur kemudian klik kanan dan pilih table properties.

  2. Pada jendela yang muncul pilih tab column kemudian masukkan angka pada preferred width dan satuan yang dikehendaki.


  3. Jika sudah klik OK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merangking dalam Microsoft Excel

Cara Menentukan Ranking Menggunakan Microsoft Excel 2007 Untuk menentukan ranking setiap siswa kita dapat menggunakan fungsi RANK, adapun bentuk umum fungsi RANK  sebagai berikut.   =RANK ( number , ref ,order) number , adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus diatas sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel L3) ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $L$3:$L$12) Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jika diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1.  Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0. Sehinga rumus untuk rangking dapat ditulis sebagai berikut: =RANK(L3;$L$3:$L$12) Parameter ketiga (ord...

Penggunaan Fungsi LOOK UP

LOOKUP fungsi mengembalikan nilai baik dari berbagai satu baris atau kolom satu atau dari array. Fungsi LOOKUP memiliki dua bentuk sintaks: vektor dan array. Bentuk vektor LOOKUP tampak dalam satu baris atau kolom satu rentang (dikenal sebagai vektor) untuk nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di berbagai satu baris atau kolom yang kedua. Bentuk array LOOKUP tampak di baris atau kolom dari array untuk nilai yang ditentukan pertama, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom array terakhir. Bentuk vektor LOOKUP Bentuk vektor LOOKUP tampak dalam satu baris atau kolom satu rentang (dikenal sebagai vektor) untuk nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di berbagai satu baris atau kolom yang kedua. Gunakan formulir ini fungsi LOOKUP ketika Anda ingin menentukan rentang yang berisi nilai yang ingin Anda cocok. Sintaks untuk bentuk vektor LOOKUP ( lookup_value , lookup_vector , result_vector ) L...

Penggunaan Footnote

Cara membuat footnote | Catatan kaki di Word 2007 Foot note merupakan catatan kaki yang terletak pada bagian akhir di halaman yang sama. Foot note berisi suatu keterangan, uraian atau referensi suatu kutipan. Foot note biasanya ditandai dengan angka pada akhir kalimat atau kata yang diberi footnote. Untuk membuat foot note di Word 2007, dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote. Klik References kemudian klik Insert Footnote Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut. Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.